Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Kamis, 29 September 2011

Cara Instal Aplikasi Pada Blackberry

Langkah-Langkah Instalasi Aplikasi Blackberry


Pada kesempatan kali ini saya ingin berbagi tentang cara instalasi aplikasi pada smartphone Blackberry. Ada beberapa tipe file instalasi blackberry

- .JAD files
- .JAR files
- .ALX files

JAR files

Cara instalasi aplikasi .JAR file pada Blackberry bisa dilakukan dengan cara mendownload aplikasinya terlebih dahulu kemudian disimpan di komputer, hubungkan ponsel Blackberry anda ke PC melalui USB atau kartu memori menggunakan card reader lalu simpan file aplikasi .JAR tersebut di memory card/telepon Blackberry anda, kemudian safely remove Device dari PC. Langkah selanjutnya file aplikasi .JAR tersebut bisa dibuka / di instal dari Blackberry anda secara langsung dengan mengikuti instruksi proses instalasi. Biasanya akan muncul pesan Application Permissions, pilih Yes bila anda yakin aplikasi tersebut terpercaya.

JAD files

.JAD biasanya selalu dijadikan satu paket dengan file .COD atau .JAR di folder yang sama, jadi langkah instalasi file .JAD sama dengan proses instalasi file .JAR, tapi pastikan file .COD atau .JAR nya pun dikopi ke folder yang sama. Jika .JAD tidak terdapat satu paket dengan file-file .COD atau .JAR, bisa dipastikan file tersebut adalah link OTA. Jadi untuk menginstallnya butuh koneksi internet dari Blackberry anda.

Cara instalasi Blackberry yang sering digunakan adalah melalui OTA. Proses instal OTA cukup sederhana. Ketika anda menemukan link download aplikasi, klik link-nya untuk download file master software/aplikasi, kemudian ikuti instruksi berikutnya : Download, Install kemudian Run sampai proses instalasi selesai.

Di BlackBerry App World terdapat berlimpah aplikasi Blackberry mulai dari yang gratis sampai yang berbayar yang siap untuk di download.


ALX files

Khusus untuk aplikasi Blackberry yang berekstensi .ALX cara instalasi aplikasi tersebut harus melalui PC dengan menggunakan software Blackberry Desktop Manager yang sudah tersedia pada CD paket penjualan smartphone Blackberry.

Langkah-langkah instalasi :

1.  Download aplikasi Blackcberry yang diinginkan lalu simpan di komputer 
2.  Koneksikan BlackBerry via USB ke komputer dan buka Blackberry Desktop Manager.


3.  Pilih menu option “Application Loader”. lalu klik "Start" pada menu "Add / Remove Applications"



4.  Selanjutnya akan muncul windows baru yang menunjukkan aplikasi yang telah terinstall pada Blackberry.


5.  Langkah selanjutnya adalah "Browse" aplikasi .alx yang sebelumnya telah di download. Pilih OK dan aplikasi ini akan muncul di daftar aplikasi yang telah terinstall di Blackberry.


6.  Jika ada banyak aplikasi .alx yang ingin diinstall bisa ulangi langkah diatas berkali-kali.
7.  Setelah semua aplikasi selesai, pastikan semuanya memiliki tanda ceklist, lalu klik tombol “Next” kemudian klik tombol "Finish" untuk memulai proses instalasi.
8.  Blackberry Desktop Manager akan memproses instalasi, tunggu sampai proses instalasi selesai, dan BlackBerry terkadang merestart.

10.  Selesai restart cek aplikasi Blackberry pada menu Application atau Download pada Blackberry anda untuk melihat aplikasi yang telah terinstall.

Comments
0 Comments

0 komentar: