Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Jumat, 06 Maret 2015

KARYA ILMIAH PELUANG BISNIS

TUGAS AKHIR KULIAH LINGKUNGAN BISNIS
SEMESTER GENAP T.A. 2014/2015

KARYA ILMIAH PELUANG BISNIS :
1)       USAHA PERCETAKAN TANPA MODAL
2)       USAHA STUDIO FOTO DENGAN MODAL KECIL
3)       USAHA FOTOCOPY



Disusun Oleh :

Nama                                       :   M. ABD. GHOFUR
NPM                                         :   14.11.7763
Program Studi - Jurusan    :   S1 - Teknik Informatika



STMIK “AMIKOM” YOGYAKARTA
Jl. Ring Road Utara Condong Catur, Depok, Sleman, Yogyakarta
Telp. (0274) 884 201-204, Fax. (0274) 884 208


================================================================


ABSTRAK

KARYA ILMIAH PELUANG BISNIS
USAHA PERCETAKAN TANPA MODAL

Oleh :
M. ABD. GHOFUR
NIM. 14.11.7763


Bisnis Percetakan adalah suatu jenis usaha yang tidak bisa dipandang sebelah mata. Terbukti, meski di tengah ketatnya persaingan pasar, sampai saat ini bisnis percetakan masih bisa bersaing di berbagai daerah dan mendatangkan omzet yang besar bagi para pelakunya. Terutama dalam beberapa tahun terakhir ini, bisnis percetakan semakin berkembang dengan pesat hal ini dapat dilihat dari munculnya pemain-pemain baru dalam bisnis ini baik itu sales atau marketing percetakan dan juga pengusaha-pengusaha baru dalam bisnis ini. Apalagi sekarang ditunjang dengan semakin banyak dan majunya teknologi pendukung dari bisnis percetakan ini. Penelitian ini akan membahas tentang Peluang Usaha Percetakan Tanpa Modal, bagaimana memulai usaha percetakan tanpa modal, tanpa membeli mesin percetakan berharga mahal. Dengan adanya penelitian ini semoga bermanfaat bagi pembaca yang berminat membuka usaha percetakan tanpa modal sebagai peluang usaha yang bisa mendatangkan banyak pemasukan.


PEMBAHASAN

Bisnis percetakan adalah bisnis yang sejatinya bisa dilakukan oleh siapa saja yang ingin memperoleh penghasilan tambahan maupun penghasilan utama, penelitian ini membahas peluang usaha percetakan tanpa modal dikarenakan apabila seseorang yang baru mulai merintis bisnis percetakan membutuhkan dana dan modal yang tidak sedikit bahkan bisa dibilang puluhan hingga ratusan juta rupiah.
Bisnis Percetakan  merupakan jenis usaha yang bisa dilakukan oleh kebanyakan orang meskipun tidak mempunyai modal peralatan cetak sekalipun. Namun, untuk bisa mencicipi manisnya bisnis percetakan tanpa modal ini Anda bisa mensiasatinya dengan menjadi agen atau perantara yang menghubungkan antara konsumen (orang yang membutuhkan jasa percetakan) dengan produsen (pengusaha percetakan) tentu tanpa mengeluarkan modal.
Hal tersebut dapat Anda manfaatkan karena banyak sekali percetakan-percetakan yang mempunyai peralatan cetak yang menyediakan jasa ongkos cetak untuk orang-orang yang tidak mempunyai peralatan, dengan biaya yang relatif murah (harga rekanan). Bahkan jika seseorang telah berpengalaman dalam bisnis percetakan ini, maka tanpa modal uang sekalipun usaha ini terkadang juga bisa dilakukan.
Yang harus Anda lakukan adalah mempromosikan jasa percetakan Anda kepada khalayak agar dapat diketahui bahwa Anda membuka jasa perantara percetakan dengan membuka stand atau kios percetakan sederhana yang berisikan contoh undangan, contoh kartu nama, contoh neon box, contoh banner dan spanduk serta contoh stempel yang semuanya bisa Anda dapatkan di pabrik percetakan secara cuma-cuma asalkan Anda sudah terikat kerjasama dengan mereka.
Bagi Anda yang tertarik dan berminat untuk menekuni usaha percetakan, jasa percetakan yang nantinya bisa dimanfaatkan antara lain adalah :
1.      Jasa Percetakan Undangan Pernikahan
Jasa percetakan undangan ini keuntungannya cukup lumayan. Jika ada tetangga atau kerabat Anda yang membutuhkan undangan pernikahan Anda bisa menawarkan jasa percetakan undangan kepada mereka. Dan Andapun tidak perlu mengeluarkan modal, karena sebelumnya Anda harus meminta uang muka terlebih dahulu sebelum undangan tersebut jadi.
2.      Jasa Percetakan Banner Atau Spanduk
Jasa percetakan spanduk atau banner ini perhitungannya sama dengan jasa percetakan undangan.Namun untuk mencetak banner ini Anda bisa melayani satuan atau borongan,rata-rata untuk cetak banner kualitas standar itu harga per meternya dari percetakannya sekitar 20.000. Kalau Anda mampu menjual 50 meter saja dalam sebulan dengan asumsi keuntungan 15.000 permeter, maka dalam satu bulan Anda bisa mengeruk keuntungan sebesar 750.000 rupiah.
3.      Produk-Produk yang Sering Dibutuhkan Konsumen
Untuk kebutuhan pasar atau konsumen produk-produk percetakan yang dibutuhkan diantaranya adalah barang-barang yang biasa kita lihat di sekeliling kita dan kita gunakan sehari-hari, misalnya buku tulis, buku bacaan, buku pelajaran, nota, faktur yang biasa kita peroleh sewaktu belanja di toko, kwitansi, dus-dus kemasan makanan atau kemasan barang-barang lainnya, tas jinjing (hand bag/shopping bag), kartu nama, undangan, kalender 2012, hang tag atau label, kop surat, amplop, sticker, poster, ID card, brosur, leaflet, company profil, majalah, bulletin, tabloid, Stempel, neon box, plakat, surat jalan dan lain sebagainya. Tentu ini menjadi nilai tambah bagi usaha percetakan tanpa modal ini.

Bilapun usaha percetakan ini tanpa keluar modal, bukan berarti Anda tidak keluar modal sama sekali, promosi serta membuat kios atau menyewa kios juga membutuhkan modal, namun modal yang harus Anda keluarkan relatif kecil ketimbang Anda harus memiliki serta membeli semua peralatan percetakan yang harganya terlalu mahal. Jika Anda benar-benar serius dalam menekuni bisnis atau usaha percetakan tanpa modal ini, bukan tidak mungkin nantinya Anda akan memiliki perusahaan percetakan sendiri. Karena untuk menjadi sukses dalam bidangnya itu membutuhkan waktu dan proses, nantinya Anda akan mengerti seluk belum dunia percetakan serta seluk beluk dalam mendapatkan modal.
Demikian penelitian tentang peluang usaha percetakan tanpa modal ini saya susun untuk memenuhi tugas akhir mata kuliah Lingkungan Bisnis. Saran dan kritik dari pembaca saya harapkan demi kesempurnaan karya ilmiah dimasa mendatang. Sehingga karya tulis berikutnya dapat saya selesaikan dengan hasil yang lebih baik.


REFERENSI



 ===============================================================


ABSTRAK

KARYA ILMIAH PELUANG BISNIS
USAHA STUDIO FOTO DENGAN MODAL KECIL

Oleh :
M. ABD. GHOFUR
NIM. 14.11.7763


Peluang usaha memang selalu ada, seperti usaha bisnis print foto saat ini masih prospek dan menguntungkan. Karena semakin banyaknya HP (handphone) berkamera disamping camera digital yang semakin murah menjadikan trend dikalangan remaja, ini bisa menjadi peluang usaha yang sangat menguntungkan bila kita pandai memanfaatkan momen ini, dengan membuka studio photo kecil-kecilan. Bidang usaha cetak foto digital adalah bisnis yang sangat prospektif dan menguntungkan. Apalagi dengan teknologi digital saat ini, foto dengan mudah dapat dimanipulasi, retouch (diperbaiki) diberikan variasi disain, huruf dsb sehingga dapat lebih menarik lagi. Dengan teknologi digital, hasil foto fotografer amatir-pun dapat berkesan “professional”. Dengan adanya penelitian ini semoga bermanfaat bagi pembaca yang berminat membuka usaha studio foto dengan modal kecil sebagai peluang usaha yang prospektif.


PEMBAHASAN

Usaha studio photo mini bisa dimulai dengan modal yang kecil, untuk bisa memulai bisnis ini Anda bisa memanfaatkan komputer dan printer untuk membuka usaha studio photo mini karena mungkin sebagian alat sudah tersedia di rumah dan kurang termanfaatkan secara maksimal, usaha studio photo mini ini dapat menjadi pilihan alternative untuk memulai berwirausaha. Untuk bisa memulai usaha ini tidaklah rumit, anda tinggal belajar sedikit mengoperasikan program photo editing, lalu memberikan variasi frame pada photo yang akan dicetak.
Dibawah ini beberapa tips membuka usaha bisnis cetak foto mini dengan modal minimalis :
1.    Persiapan Tempat Bisnis Cetak Foto
Kalau berbicara membuka bisnis dengan modal kecil untuk awal tidak perlu tempat khusus seperti menyewa toko. Anda bisa memulai bisnis cetak foto mini dari rumah terlebih dahulu. Apalagi sebagai pemula tentu skill dalam mengedit foto perlu diasah terlebih dahulu.
2.    Dalami Software Foto Editing
Anda bisa membeli buku-buku yang berkenaan dengan usaha cetak foto, seperti buku yang membahas Adobe Photoshop. Mulailah mempelajari bagaimana cara crop foto 3x4 2x4 4x6 1 R 2 R dan seterusnya. Software seperti photoshine dan photoscape saya kira juga banyak membantu dalam membuat bingkai foto otomatis dengan desain yang tak kalah menarik.
3.    Bangun Relasi Usaha
Jangan jadikan mereka yang bergerak dibidang usaha yang sama dengan kita sebagai pesaing, tapi jadikan mereka partner. Bangun relasi dengan mereka yang mempunyai studio foto yang sudah memiliki mesin cetak modern (mesin Lab). Ketika sobat mendapat order banyak cetak ditempat rekan kita yang mempunyai mesin Lab tersebut, biasanya mereka memberikan harga spesial. Karena mengingat mesin printer biasa tidak akan sanggup mencetak dalam jumlah banyak sekaligus.
4.    Strategi Pemasaran
Anda bisa melakukan promosi mulai dari SD, SMP, SLTA, ataupun Kampus. Menunjuk kegiatan pada tempat-tempat tersebut tidak ada habisnya. siswa/siswi ataupun mahasiswa/mahasiwi ada tiap tahunnya. Promosi bisa juga dilakukan dengan memasang pamflet di daerah usaha Anda, pastikan posisinya tepat di lihat orang. Juga pembuatan brosur untuk menunjang lebih banyaknya konsumen, dengan cara membagikannya ke sekolah-sekolah juga daerah sekitar, maupun di mana saja.

Demikian penelitian tentang tips membuka usaha bisnis studio foto mini dengan modal kecil ini saya susun untuk memenuhi tugas akhir mata kuliah Lingkungan Bisnis. Saran dan kritik dari pembaca saya harapkan demi kesempurnaan karya ilmiah dimasa mendatang. Sehingga karya tulis berikutnya dapat saya selesaikan dengan hasil yang lebih baik.


REFERENSI



 ===============================================================


ABSTRAK

KARYA ILMIAH PELUANG BISNIS
USAHA FOTOCOPY

Oleh :
M. ABD. GHOFUR
NIM. 14.11.7763


Ada banyak orang yang tertarik dengan dunia usaha, banyak sekali jenis usaha yang dapat dikembangkan dan menghasilkan uang, pada kesempatan kali ini penulis akan membahas tentang peluang usaha fotocopy, usaha fotocopy merupakan salah satu usaha yang mempunyai prospek bagus, usaha ini telah ada sejak lama dan ke depan akan terus ada dan dipastikan pengguna jasa ini juga tidak akan pernah hilang karena target dari pengguna jasa fotocopy adalah dari semua lapisan masyarakat, banyak orang dari berbagai kalangan seperti pegawai, pelajar, mahasiswa dan masyarakat umum yang membutuhkan jasa fotocopy untuk berbagai keperluan. Dengan adanya penelitian ini semoga bermanfaat bagi pembaca yang berminat membuka jasa fotocopy sebagai peluang usaha yang menguntungkan.


PEMBAHASAN

Kebanyakan orang merintis bisnis dari suatu bisnis yang kecil, diperlukan ketekunan dan juga kerja keras saat merintis usaha. Usaha jasa fotocopy bisa dimulai dari skala kecil terlebih dahulu. Sebenarnya penggunaan modal besar atau kecil semuanya itu tergantung dari kebutuhan pasar, lebih baik secara bertahap kita perbesar modal sarana dan prasarananya jika ternyata usaha jasa fotocopy ini bisa diterima oleh pasar dan menghasilkan arus kas yang bagus. Usaha jasa fotocopy bisa dijalankan dengan modal yang tidak terlalu besar dan jenis usaha ini mudah untuk dijalankan.
Berikut adalah tips sukses membuka dan menjalankan usaha fotocopy.
1.      Memilih Lokasi yang Strategis
Salah satu faktor yang menentukan keberhasilan usaha fotocopy adalah lokasi, lokasi usaha fotocopy sebaiknya dipilih yang berada didekat perkantoran, kampus atau sekolah, tetapi sekaligus mudah terjangkau atau keberadaannya mudah diketahui. Dengan demikian, selain menyasar mahasiswa, karyawan kantor atau anak-anak sekolah, usaha ini juga bisa mendapatkan pengguna dari masyarakat umum.
2.      Riset Harga
Sebelum membuka usaha fotocopy, sebaiknya Anda mencari informasi yang sebanyak-banyaknya mengenai harga yang dipatok oleh usaha fotocopy lain di sekitar tempat Anda hendak membuka usaha. Agar harga yang Anda tawarkan tidak terlalu mahal atau sebaliknya, cobalah kunjungi beberapa tempat penyedia jasa fotocopy untuk mengetahui harga pasaran selembar fotocopy. Dengan demikian, Anda dapat memasang tarif yang kompetitif untuk menarik minat calon pengguna jasa Anda. Pilih harga yang terbilang cukup murah tanpa mengabaikan keuntungan. Dengan harga yang lebih murah daripada tempat lain, besar kemungkinan konsumen akan memilih tempat fotocopy Anda dibanding yang harganya lebih tinggi, sepanjang Anda bisa menjamin kualitas.
3.      Menggunakan Mesin Fotocopy dengan Kualitas Baik
Orang menggunakan jasa fotocopy bukan sekedar untuk menggandakan dokumen. Namun, bagaimana kualitas fotocopy juga menjadi penting, terutama untuk dokumen penting, seperti skripsi, karya tulis, dan dokumen berharga lain yang membutuhkan tampilan yang bersih. Oleh karena itu, Anda sebaiknya memilih mesin fotocopy yang hasilnya memuaskan. Dengan tawaran hasil terbaik, apalagi jika Anda menawarkan harga yang bersahabat, konsumen akan berpaling pada usaha fotocopy Anda.
4.      Mesin Fotocopy Tidak Harus Baru
Mesin fotocopy berkualitas bagus yang akan digunakan tidak harus baru karena harganya yang sangat mahal. Anda dapat menggunakan mesin fotocopy bekas asal kondisinya masih bagus. Mesin fotocopy bekas harganya jauh lebih murah.
5.      Fasilitas Tambahan
Untuk menambah pendapatan, selain menjalankan usaha fotocopy, Anda dapat melengkapinya dengan jasa penjilidan, laminating, press mika, dan penjualan beragam alat tulis. Atau dapat pula sekalian menjalankan usaha rental komputer/internet, print, cetak foto, scan, backup data (copy CD/DVD) dan lain sebagainya.
6.      Promosi
Promosi adalah satu hal yang bisa Anda lakukan untuk menarik konsumen. Kreasikan promosi efektif yang bisa membuat usaha Anda dikenal oleh masyarakat di sekitar lokasi usaha fotocopy Anda.

Demikian penelitian tentang peluang usaha fotocopy ini saya susun untuk memenuhi tugas akhir mata kuliah Lingkungan Bisnis. Saran dan kritik dari pembaca saya harapkan demi kesempurnaan karya ilmiah dimasa mendatang. Sehingga karya tulis berikutnya dapat saya selesaikan dengan hasil yang lebih baik.


REFERENSI



Comments
0 Comments

0 komentar: